Mengenal Kijang Kapsul Dan Tipe - Tipenya

Mengenal Kijang Kapsul Dan Tipe - Tipenya - Kijang kapsul merupakan penerus dan penyempurna dari Kijang ekstra, Dengan desain bulat dan mesin berapasitas 1800 cc - 2400 cc. Terdapat 4 tipe mesin pada kijang kapsul, yaitu mesin bensin dengan kapasitas 1800 cc masih menggunakan sistem karburator dan juga sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan yang terakhir adalah  mesin diesel 2400 cc. Mobil yang berkapasitas 8-9 penumpang ini memiliki banyak 7 tipe.

Megenal Tipe - Tipe Kijang Kapsul

Kijang kapsul tedapat beberapa tipe yaitu, SX LX, SSX, LSX, SGX, LGX, Kijang Kapsul Krista. Untuk tipe standart terdapat pada versi SX dan LX, disusul tipe Deluxe SSX dan LSX, Kemudian Grand SGX dan LGX, dan untuk tipe tertinggi adalah kijang krista.

Kijang memiliki versi pendek dan panjang. Hal ini bisa dilihat dengan Huruf Pertama pada Tipenya. S untuk Short dan L untuk kijang yang Long. Perbedaannya adalah untuk tipe S kursi bagian belakang menghadap ke samping, sedangkan pada tipe L, kursi belakang menghadap ke depan. 

Sedangkan untuk interior dan aksesorsinya ditandai dengan huruf dibelakangnya, untuk lebih detailnya baca rincian berikut :

1. SX Dan LX
Tipe standar minimalis, tanpa AC, power steering, power window, dan asesoris lainnya. 

2. SSX Dan LSX
Tipe medium, bagian interior lebih bagus, sudah menggunaka AC dan sistem audio yang cukup.

3. SGX Dan LGX
Tipe lengkap, menggunakan AC double blower, power steering, power window, audio, wiper depan belakang, lampu kabut, spoiler serta bumper depan.

4. Krista
Tipe teratas dan lengkap. Eksterior lebih sporty, dengan two tone colour.

Kijang Kapsul Di Indonesia Mengalami Perubahan Pada 3 Periode

1. First Edition / Edisi Pertama (th 1997 � awal th 2000)
Bodinya lebih tebal dari generasi kedua. Tipe ini Menggunakan mesin 2000cc berbahan bakar bensin.

2. Second edition (th 2000 � th 2003)
Body steel lebih tipis dari generasi pertama dengan tujuan mengurangi harga jual. Edisi ini menggunakan mesin 2000 cc bahan bakar bensin, 2400cc diesel engine, dan juga 1800cc dengan teknologi EFI.

3. Third edition (2003�2005)
LSX, LGX series, dan SGX mengalami minor change dari sebelumnya seperti bagian door trim dan interior. dan menggunakan mesin yang sama dengan second edition.
Perbedaan dari tipe SX dan LX adalah pada bagian interior dan eksterior serta perbaikan pada suspensi depan yang menggunakan pegas batang torsi.

Selain itu, sistem kemudi lebih baik dari tipe seblumnya yaitu memakai power steering dan power assist. Perubahan yang paling kentara pada tipe LSX SSX ini adalah penggunaan mesin diesel dengan sistem EFI dan sistem injection.

Beberapa Kelemahan Kijang Kapsul

  • Bahan bakar cukup boros, umunya 1 : 7 dalam kota dan 1 : 11 luar kota
  • Suspensi per daun sering bermasalah terutama apabila melewati medan yang cukup berat.
  • Karet Body sering retak, jadi harus sering diganti.
  • Untuk mesin bensin dengan kode 7K memiliki kelemahan pada bagian ring piston yang sering bocor, sehingga tenaganya jadi ngempos dan sering ditemui asap putih pda knalpot alias ngebul karena oli masuk ke ruang bakar.
  • Untuk mesin diesel dengan kode 2L, umumnya terdapat masalah pada saluran injektor diesel pada kepala silindernya yang mengalami retak atau mudah rusak. Jadi harus diganti dengan yang baru. 

Konsumsi BBM Kijang Kapsul Berdasakan Pemakainya

Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2003) 
Dengan rute kombinasi dalam dan luar kota bisa mencapai 10 km per liter.

Kijang 1.8 EFI manual (2000)
Untuk dalam kota 7 km - 8 km per liter, sedangkan saat mencoba jalan - jalan keluar kota hanya bisa mencapai 1 : 10 dengan gaya mengemudi santai 80 km/jam.

Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2000)
Digunakan jalan - jalan dalam kota hany 8 km - 9 km/liter dengan kemacetan sedang, tetapi saat macet parah dapat 5 km - 6 km /liter. Untuk luar kota, lumayan 10 km/liter.

Kijang 1.8 EFI manual (2000) 
Digunakan dalam kota bisa 1:9 dengan kecepatan 80km, sedangkan luar kota bisa 1:10 km dengan maksimal speed 90-120 km

Kijang SX 1.8 manual (1997) 
Perjalanan antar kota jarak tempuh 160 km dengan muatan penuh 4 dewasa plus bagasi mencapai 10 km/liter.

Harga Kijang Kapsul Bekas

Soal harga, Kijang Kapsul bekas harganya tidak terlampau terjun bebas meskipun sudah berusia cukup lama. Harga Kijang Kapsul bekas di pasaran berada di angka Rp 50 juta - 100 juta. Harga tersebut tentu dapat berbeda - beda pada setiap tipe kijang kapsul.

Dan ditambah lagi dengan kondisi mobil yang ada saja kekurangannya. Jika ada mobil yang kilometernya sedikit dan kondisinya mulus, hal tersebut tentu menjadi barang  langka yang jarang sekali ditemui. Terlebih karena mobil ini umumnya dijadikan mobil keluarga yang selalu berkeliling kota atau antar daerah. Jika soal spare part, mobil ini masih banyak sekali yang menjual spare part-nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Busi : Fungsi, Komponen Dan Cara Kerjanya

12 Wisata Kuliner Wajib di Bandung

Jam Gadang, Wisata Ikonik Di Bukittinggi, Padang Sumatera Barat